NABI DAN RASUL ULUL AZMI


Ulul Azmi adalah gelar yang diberikan kepada para rasul yang memiliki kedudukan tinggi dan istimewa karena ketabahan dan kesabaran yang luar biasa dalam menyebarkan agama Allah SWT.

Beberapa kriteria yang dimiliki oleh para nabi dan rasul ulul azmi antara lain :
  1. Memiliki kesabaran yang tinggi dalam berdakwah
  2. Senantiasa memohon kepada Allah agar tidak menurunkan azab kepada kaumnya
  3. Senantiasa berdo’a agar Allah memberi hidayah kepada kaumnya
  4. Memiliki mukjizat luar biasa dibandingkan para nabi yang laiu

Dari 25 Rasul Allah yang wajib kita ketahui, Hanya lima rasul yang mendapatkan gelar ini. Tentang gelar ini telah dijelaskan pada Al-Qur'an Surah Al-Ahqaf ayat 35 dan Surah Asy-Syura ayat 13. Berikut para Rasul yang memiliki gelar Ulul Azmi :
  1. Nabi Nuh As.
  2. Nabi Ibrahim As.
  3. Nabi Musa As.
  4. Nabi Isa As.
  5. Nabi Muhammad SAW.

Mukjizat rasul ulul azmi adalah suatu kejadian yang luar biasa yang tidak dialami oleh para nabi rasul lain, berikut mukzijat para nabi dan rasul ulul azmi :

1. Nabi Nuh a.s
salah satu mukjizat beliau dapat membuat sebuah kapal besar yang dapat ditumpangi oleh semua orang yang beriman dari kaumnya beserta hewan hewan yang hidup di zaman itu.

2. Nabi Ibrahim a.s
salah satunya sewaktu beliau dibakar oleh raja Namrud beliau tidak merasakan panas api dan di selamatkan oleh Allah dari segala bahaya yang mengancam.

3. Nabi Musa a.s
beliau dapat mengalahkan ahli-ahli ilmu sihir pengikut fir'aun, tongkat beliau dapat berubah menjadi ular yang juga dapat membelah lautan,telapak tangan dapat mengeluarkan cahaya dan lain sebagainya.

4. Nabi Isa a.s
beliau dapat berbicara semasa masih bayi, dapat menyembuhkan penyakit orang buta sehingga dapat melihat,dapat membuat burung dari tanah dan meniupnya sehingga hidup seperti burung bernyawa, dapat menghidupkan orang yang sudah mati atas izin ALLAH SWT walaupun hanya sebentar kemudian mati lagi dan lain sebagainya.

5. Nabi Muhammad
Al-Qur'an merupakan mukjizat terbesar yang di brikan Allah kepada nabi Muhammad SAW, karena tidak seorangpun yang sanggup menandingi ataupun menyaingi gaya bahasa dan susunan kata-kata Al-Qur'an , juga tidak ada yang sanggup merubah dan menukar kata-kata yang ada dalam Al-Qur'an.


www.abalhafiz.blogspot.com